1.
Menentukan gagasan utama paragraf (tajuk)
|
|
MATERI
ESENSIAL
|
|
GAGASAN UTAMA
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang
terdapat pada kalimat utama.Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai
kata yang merujuknya Dilihat
dari tempatnya, kalimat utama pada umumnya berada pada awal paragraf
(paragraf deduktif) dan akhir paragraf (paragraf induktif). Gagasan utama
dapat ditemukan dengan menghilangkan atau membuang bagian yang tidak penting.
Gagasan penjelas dapat berupa rincian, contoh, perbandingan, atau
pertentangan.
TAJUK
Tajuk merupakan opini tentang suatu masalah yang hangat
dibicarakan. Namun, dalam opini juga menyajikan fakta-fakta yang diperlukan.
Membaca tajuk berhubungan dengan
pemahaman isi tajuk. Untuk memahami isi tajuk kita perlu menemukan gagasan
utama dan gagasan penjelas dalam tajuk tersebut.
Ciri-ciri tajuk:
1.
Tajuk berisi opini dan fakta.
Dalam penulisan tajuk terdapat
opini atau pendapat dari penulis tajuk serta fakta atau kenyataan sebagai
pembanding opini penulis. Untuk itulah kita harus dapat membedakan opini
dan fakta.
2. Keberpihakan penulis
Penulis tajuk
memiliki sikap subjektif yang mungkin akan tercermin melalui tulisannya. Keberpihakan penulis menjadi
penting agar kita bisa bersikap lebih bijak terhadap suatu masalah yang aktual.
Contoh
tajuk:
Demokrasi kita masih transisi
sehingga banyak sekali menimbulkan persoalan. Bermacam persoalan itu
merugikan warga. Namun, semua itu masih bisa dianggap wajar asal jangan
kebablasan sehingga menimbulkan kesan kacau. Unjuk rasa disertai kekerasan
terjadi minggu kemarin di Kota Makassar.
Unjuk rasa dapat dipicu oleh
persoalan yang dibiarkan berlarut-larut, seperti penggusuran, konflik
kekuasaan kelompok, gaji, penghasilan, dan lain-lain. Kenaikan harga atau
kelangkaan kebutuhan pokok juga memicu terjadinya unjuk rasa. Di sisi lain,
juga dipertanyakan, seberapa jauh unjuk rasa yang berlebihan dapat berdampak
terhadap penyelesaian dan pemecahan persoalan. Pihak DPR maupun DPRD pun
masih meragukan hal itu.
Opini pada tajuk di atas adalah demokrasi kita masih transisi sehingga
banyak sekali menimbulkan persoalan.
Fakta
pada tajuk di atas adalah unjuk rasa
disertai kekerasan terjadi minggu kemarin di Kota Makassar.
Penulis
pada tajuk di atas lebih berpihak pada rakyat.
|
|
SOAL-SOAL
|
|
1.
|
Apabila kita masuk ke ruangan perpustakaan ini, kesan pertama yang
terasa adalah bersih teratur dan menyenangkan. Baik pengaturan buku-buku
maupun dekorasi ruangannya. Semuanya ini tentu merupakan salah satu unsur mengapa
perpustakaan sekolah ini menjadi juara pertama dan ditetapkan sebagai
perpustakaan teladan se-DKI Jaya tahun ini.
Gagasan
utama paragraf tersebut adalah ....
A. ruang
perpustakaan
B. dekorasi buku
C. dekorasi
ruangan
D. perpustakaan teladan
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJIKAN
|
||
2. Menentukan simpulan
isi paragraf.
|
||
MATERI
ESENSIAL
|
||
SIMPULAN
ISI PARAGRAF
Simpulan
merupakan ikhtisar atau pendapat
terakhir berdasarkan uraian sebelumnya.
Simpulan
isi paragraf biasanya terletak di akhir paragraf atau merupakan paragraf
induktif.
Contoh
simpulan isi suatu paragraf:
Kadang kita sering merasakan lapar
pada malam hari yang membuat kita ingin ngemil. Untuk mengatasinya, coba
minum air putih dengan diserap secara perlahan ketimbang dalam legukan besar
pada saat makan. Minum terlalu banyak secara sekaligus mengencerkan cairan
pencernaan yang dikeluarkan di dalam mulut. Hal ini mengakibatkan makanan
sulit dipecah secara tepat sehingga nutrient yang mengenyangkan banyak yang
dikeluarkan daripada diserap. Minum dengan diserap mengoptimalkan pencernaan,
membuat perut dapat memproses makanan secara baik dan mengirimkan sinyal
kenyang ke otak. Hasilnya, Anda akan merasa kenyang sampai pagi hari.
Simpulan
paragraf di atas adalah kiat agar kita tetap merasa kenyang sepanjang hari.
|
||
SOAL-SOAL
|
||
1.
|
Pada
era global, sumber daya manusia (SDM) andal merupakan kebutuhan yang
mendasar. Usaha untuk mendapatkan SDM andal dapat dilakukan melalui berbagai
cara, misalnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, seminar, atau
kegiatan sejenis. Cara yang paling efektif untuk menghasilkan SDM andal yaitu
melalui jalur pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan tertentu, seseorang
dapat belajar berdasarkan kurikulum yang terprogram dan hari efektif yang
pasti.
Simpulan
yang tersirat dari paragraf tersebut adalah ... .
a.
Pada
era global, setiap negara membutuhkan SDM yang andal sebagai kebutuhan
mendasar
b.
Jalur pendidikan dianggap lebih efektif untuk menghasilkan SDM
andal
c.
SDM
yang andal dapat diupayakan melalui berbagai cara antara lain cara pendidikan
dan pelatihan
d.
SDM
yang andal menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap negara baik negara maju
maupun berkembang
|
|
2.
|
Suku Sakai memang
masih seperti terjajah di tanahnya sendiri. Paling tidak mereka
dijajah secara ekonomi dan sosial. Tanah yang mereka miliki,
membentang luas dari Minas hingga
Dumai. Tanah tersebut mengandung minyak terbesar di Nusantara. Sayangnya,
yang menikmati kekayaan alamnya orang asing, bukan penduduk asli.
Simpulan
paragraf tersebut adalah ...
A.
Suku Sakai merdeka
secara ekonomi dan sosial.
B.
Suku Sakai memiliki
cadangan minyak.
C.
Suku Sakai dijajah
bangsa sendiri.
D. Suku Sakai hidup menderita karena bangsa
asing.
|
|
3.
|
||
4.
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJIKAN
|
|
3. Menentukan
keistimewaan tokoh dalam biografi tokoh
|
|
MATERI
ESENSIAL
|
|
Contoh
biografi : Hajar Dewantara Lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Beliau berasal dari lingkungan keluarga kraton Yogyakarta. Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, saat genap berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara. Semenjak saat itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal ini dimaksudkan supaya ia dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya. Ki Hajar Dewantara sebagai Aktivis Boedi Oetomo Selain ulet sebagai seorang wartawan muda, ia juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk mensosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Kemudian, bersama Douwes Dekker (Dr. Danudirdja Setyabudhi) dan dr. Cipto Mangoenkoesoemo, ia mendirikan Indische Partij (partai politik pertama yang beraliran nasionalisme Indonesia) pada tanggal 25 Desember 1912 yang bertujuan mencapai Indonesia merdeka. Mereka berusaha mendaftarkan organisasi ini untuk memperoleh status badan hukum pada pemerintah kolonial Belanda. Tetapi pemerintah kolonial Belanda melalui Gubernur Jendral Idenburg berusaha menghalangi kehadiran partai ini dengan menolak pendaftaran itu pada tanggal 11 Maret 1913.
Definisi :
Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang
lain dalam satu buku
Informasi yang dapat diperoleh dari kegiatan membaca biografi :
•
Riwayat hidup
seseorang meliputi, tempat tanggal lahir, nama kecilnya, nama ayah dan ibu,
prestasi, karier, akhir hayatnya
•
Hal-hal yang
dapat diteladani meliputi, perilaku, cara pandang kesetiaan yang dimiliki
untuk negara
Cara menentukan keistimewaan tokoh :
Mendata semua prestasi yang dimiliki tokoh.
Misalnya : - aktif dalam
organisasi sosial dan politik di organisasi Boedi Oetomo,
- mendirikan Indische Partij
|
|
SOAL-SOAL
|
|
1.
|
|
2.
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJIKAN
|
|
4. Menentukan sifat tokoh dalam biografi untuk diteladani
|
|
MATERI
ESENSIAL
|
|
Mendata sifat-sifat mulia tokoh dalam biografi yang patut
diteladani disertai alasan yang jelas
|
|
SOAL-SOAL
|
|
1.
|
|
2.
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJIKAN
|
||
5.
Menentukan tujuan penulisan
artikel (latar
belakang karya ilmiah)
|
||
MATERI
ESENSIAL
|
||
Pengertian Karya Ilmiah
Karya ilmiah adalah karya tulis dalam bidang tertentu yang
bersifat ilmiah. Karya ilmiah ditulis berdasarkan penelitian, pengamatan/observasi, atau
mengacu pada pustaka (buku-buku).
Sistematika karya ilmiah dibagi menjadi tiga
bagian sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
B.
Perumusan Masalah
C.
Tujuan
BAB II ISI
Pembahasan Masalah/Hasil Penelitian
BAB III PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
(Sumber/referensi buku-buku yang digunakan)
Bab I tentang Pendahuluan, mengutarakan
perumusan dan penjelasan masalah. Yang penting pada bagian ini yaitu latar
belakang masalah, perumusan masalah, tujuan.
Latar
belakang masalah merupakan uraian hal-hal yang menyebabkan perlunya dilakukan
penelitian terhadap sesuatu masalah atau problematika yang muncul dapat
ditulis dalam bentuk uraian paparan,atau poin-poinnya saja. Pada bagian ini
dikemukakan :
·
Pentingnya masalah masalah yang akan dibahas.
·
Telaah pustaka yang telah ada tentang
teknologi yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.
·
Manfaat praktis hasil bahasan
·
Perumusan masalah pokok yang dibahas secara
eksplisit. Biasakan perumusan masalah dalam bentuk pertanyaan .
Dalam
bagian latar belakang ini diharapkan penulis menuliskan sebab-sebab ia
memilih judul atas permasalahan tersebut.Alasan-alasan yang dapat dikemukakan
antara lain:
1.
Pentingnya masalah tersebut diteliti karena
akan membantu pelaksanaan kerja yang lebih efektif misalnya,atau akan dicari
pemecahannya karena berbahaya apabila tidak.Jadi pentingnya diadakan
penelitian.
2.
Menarik minat peneliti karena dari
pengalamannya peneliti mendapatkan gambaran bahwa hal itu sangat menarik.
3.
Sepanjang sepengetahuan peneliti belum ada
orang yang meneliti masalah tersebut.
Latar belakang masalah menguraikan alasan-alasan mengapa masalah dan/atau pertanyaan penelitian serta tujuan penelitian menjadi fokus penelitian.
Unsur
yang diketengahkan dalam latar belakang masalah penelitian adalah sebagai berikut:
a.
penjelasan dan/atau alasan mengapa masalah
dan/atau pertanyaan penelitian yang diteliti itu penting dan menarik untuk diteliti.
b.
beberapa bukti bahwa masalah yang diajukan
belum ada jawaban atau pemecahan yang memuaskan.
c.
Kedudukan masalah yang diteliti dalan konteks
permasalahan yang lebih luas dengan memperhatikan perkembangan bidang yang
dikaji.
Contoh Latar
Belakang dalam Karya Ilmiah :
Pendidikan adalah hal yang sangat
penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap bangsa atau negara
selalu menyelenggarakan pendidikan demi cita-cita nasional bangsa yang
bersangkutan. Melalui proses pendidikan, suatu bangsa berusaha untuk mencapai
kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan, baik bidang ekonomi, sosial,
politik, ilmu pengetahuan, teknologi, maupun bidangbidang kehidupan budaya
yang lain.
Dalam proses pendidikan di SMP,
keberhasilan siswa diukur dengan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar
didasarkan pada hasil yang diperoleh dalam evaluasi belajar. Prestasi belajar
memberikan informasi tentang materi pelajaran pada siswa. Motivasi belajar
dianggap memiliki pengaruh penting dalam prestasi belajar siswa..
|
||
SOAL-SOAL
|
||
1.
|
Tema: Daur ulang plastik kemasan
Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah...
|
|
2.
|
Identifikasi masalah:
1. Peran pemuda dalam
sejarah
2. Pemuda harapan
bangsa
3. Pemuda sokoguru
perjuangan bangsa
Latar belakang
karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah ...
A.
Sejak masa penjajahan hingga reformasi, pemuda
menjadi pelaku sejarah. Seluruh komponen bangsa menaruh harapan besar pada
para pemuda. Pemuda diharapkan sebagai sokoguru perjuangan bangsa Indonesia.
B.
Pada masa penjajahan Belanda hingga masa kemerdekaan, pemuda
selalu berjuang. Perjuangannya tidak mengenal lelah. Pemuda menjadi panutan
bangsa.
C.
Pada masa sekarang bahkan sejak dulu peran pemuda patut dicatat.
Pemuda selalu berjuang membela kebenaran. Pemuda menjadi harapan.
D.
Pada masa dahulu dan sekarang peran pemuda sangat penting. Pemuda
menjadi harapan bangsa. Pemuda menjadi cermin perjuangan bangsa.
|
|
3.
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJIKAN
|
|||||
6.
Menentukan persamaan ide dua
artikel
|
|||||
MATERI ESENSIAL
|
|||||
Konsep
-
Artikel adalah sebuah karangan atau prosa yang dimuat dalam media
massa yang membahas isu tertentu, persoalan atau kasus yang berkembang dalam
masyarakat secara lugas
-
Jenis-jenis artikel berdasarkan isinya
1.
Artikel kesehatan
2.
Artikel pendidikan
3.
Artikel politik dan hukum
4.
Artikel lingkungan hidup
5.
Artikel ekonomi dll
Prosedur/langkah-langkah
1.
Membaca kedua artikel dengan cermat
2.
Menentukan hal-hal penting dari kedua artikel
3.
Menentukan kesamaan isi kedua artikel
Contoh artikel
Teks 1
Sebanyak 30 nelayan
asal kabupaten Indramayu , Jawa Barat, dikabarkan hilang di perairan Laut
Jawa. Mereka merupakan awak dua kapal penangkapan ikan Sarijadi I dan
Sarijadi II, yang rusak dihempas ombak dan mengalami kebocoran di tengah
lautan.
Teks 2
Komandan Pangkalan Laut Tanjung Mas Semarang Kolonel (Laut) Jan
Simamora. Selasa (2/1), mengatakan hingga pukul 20.30 korban tenggelamnya KM
Senopati Nusantara yang belum ditemukan masih 416 orang.Korban selamat 200
orang dan yang meninggal 12 orang.
|
|||||
SOAL-SOAL
|
|||||
1.
|
Cermati kutipan teks berita berikut!
Kesamaan
informasi kedua teks tersebut adalah ….
A.
Perlindungan
dan penanganan korban lumpur Lapindo.
B. Jumlah korban luapan lumpur Lapindo Sidoarjo.
C. Penanganan korban lumpur Lapindo dibahas DPR.
D. Perlindungan yang serius terhadap korban Lapindo.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar