Senin, 04 Maret 2013

MATERI PENDALAMAN UN 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP



1.    Menentukan gagasan utama paragraf  (tajuk)
MATERI ESENSIAL
GAGASAN UTAMA
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama.Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya Dilihat dari tempatnya, kalimat utama pada umumnya berada pada awal paragraf (paragraf deduktif) dan akhir paragraf (paragraf induktif). Gagasan utama dapat ditemukan dengan menghilangkan atau membuang bagian yang tidak penting. Gagasan penjelas dapat berupa rincian, contoh, perbandingan, atau pertentangan.

TAJUK
Tajuk merupakan  opini tentang suatu masalah yang hangat dibicarakan. Namun, dalam opini juga menyajikan fakta-fakta yang diperlukan.
Membaca tajuk berhubungan dengan pemahaman isi tajuk. Untuk memahami isi tajuk kita perlu menemukan gagasan utama dan gagasan penjelas dalam tajuk tersebut.
Ciri-ciri tajuk:
1. Tajuk berisi opini dan fakta.
Dalam penulisan tajuk terdapat opini atau pendapat dari penulis tajuk serta fakta atau kenyataan sebagai pembanding opini penulis. Untuk itulah kita harus dapat membedakan opini dan fakta.
2. Keberpihakan penulis
Penulis tajuk memiliki sikap subjektif yang mungkin akan tercermin melalui tulisannya. Keberpihakan penulis menjadi penting agar kita bisa bersikap lebih bijak terhadap suatu masalah yang  aktual.

Contoh tajuk:
Demokrasi kita masih transisi sehingga banyak sekali menimbulkan persoalan. Bermacam persoalan itu merugikan warga. Namun, semua itu masih bisa dianggap wajar asal jangan kebablasan sehingga menimbulkan kesan kacau. Unjuk rasa disertai kekerasan terjadi minggu kemarin di Kota Makassar.
Unjuk rasa dapat dipicu oleh persoalan yang dibiarkan berlarut-larut, seperti penggusuran, konflik kekuasaan kelompok, gaji, penghasilan, dan lain-lain. Kenaikan harga atau kelangkaan kebutuhan pokok juga memicu terjadinya unjuk rasa. Di sisi lain, juga dipertanyakan, seberapa jauh unjuk rasa yang berlebihan dapat berdampak terhadap penyelesaian dan pemecahan persoalan. Pihak DPR maupun DPRD pun masih meragukan hal itu.
Opini  pada tajuk di atas adalah demokrasi kita masih transisi sehingga banyak sekali menimbulkan persoalan.
Fakta pada tajuk di atas adalah unjuk rasa disertai kekerasan terjadi minggu kemarin di Kota Makassar.
Penulis pada tajuk di atas lebih berpihak pada rakyat.



SOAL-SOAL
1.                  
Apabila kita masuk ke ruangan perpustakaan ini, kesan pertama yang terasa adalah bersih teratur dan menyenangkan. Baik pengaturan buku-buku maupun dekorasi ruangannya. Semuanya ini tentu merupakan salah satu unsur mengapa perpustakaan sekolah ini menjadi juara pertama dan ditetapkan sebagai perpustakaan teladan se-DKI Jaya tahun ini.

Gagasan  utama paragraf tersebut adalah ....
A. ruang perpustakaan
B. dekorasi buku
C. dekorasi ruangan
D. perpustakaan teladan

2.                  

3.                  

4.                  




KEMAMPUAN YANG DIUJIKAN
2.    Menentukan simpulan isi paragraf.
MATERI ESENSIAL
SIMPULAN ISI  PARAGRAF
Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya.
Simpulan isi paragraf biasanya terletak di akhir paragraf atau merupakan paragraf induktif.
Contoh simpulan isi suatu paragraf:
Kadang kita sering merasakan lapar pada malam hari yang membuat kita ingin ngemil. Untuk mengatasinya, coba minum air putih dengan diserap secara perlahan ketimbang dalam legukan besar pada saat makan. Minum terlalu banyak secara sekaligus mengencerkan cairan pencernaan yang dikeluarkan di dalam mulut. Hal ini mengakibatkan makanan sulit dipecah secara tepat sehingga nutrient yang mengenyangkan banyak yang dikeluarkan daripada diserap. Minum dengan diserap mengoptimalkan pencernaan, membuat perut dapat memproses makanan secara baik dan mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Hasilnya, Anda akan merasa kenyang sampai pagi hari.
Simpulan paragraf di atas adalah kiat agar kita tetap merasa kenyang sepanjang hari.


SOAL-SOAL
1.                  
Pada era global, sumber daya manusia (SDM) andal merupakan kebutuhan yang mendasar. Usaha untuk mendapatkan SDM andal dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, seminar, atau kegiatan sejenis. Cara yang paling efektif untuk menghasilkan SDM andal yaitu melalui jalur pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan tertentu, seseorang dapat belajar berdasarkan kurikulum yang terprogram dan hari efektif yang pasti.

Simpulan yang tersirat dari paragraf tersebut adalah ... .
a.       Pada era global, setiap negara membutuhkan SDM yang andal sebagai kebutuhan mendasar
b.       Jalur pendidikan dianggap lebih efektif untuk menghasilkan SDM andal
c.        SDM yang andal dapat diupayakan melalui berbagai cara antara lain cara pendidikan dan pelatihan
d.       SDM yang andal menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap negara baik negara maju maupun berkembang


2.                  
Suku Sakai memang masih seperti terjajah di tanahnya sendiri. Paling tidak mereka dijajah secara ekonomi dan sosial. Tanah yang mereka miliki, membentang luas dari Minas hingga Dumai. Tanah tersebut mengandung minyak terbesar di Nusantara. Sayangnya, yang menikmati kekayaan alamnya orang asing, bukan penduduk asli.

Simpulan paragraf tersebut adalah ...
A.  Suku Sakai merdeka secara ekonomi dan sosial.
B.  Suku Sakai memiliki cadangan minyak.
C.  Suku Sakai dijajah bangsa sendiri.
D. Suku Sakai hidup menderita karena bangsa asing.

3.                  


4.                  



KEMAMPUAN YANG DIUJIKAN
3.    Menentukan keistimewaan tokoh dalam biografi tokoh
MATERI ESENSIAL
Contoh biografi :
 Hajar Dewantara Lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Beliau berasal dari lingkungan keluarga kraton Yogyakarta. Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, saat genap berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara. Semenjak saat itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal ini dimaksudkan supaya ia dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya.
Ki Hajar Dewantara sebagai Aktivis Boedi Oetomo
Selain ulet sebagai seorang wartawan muda, ia juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk mensosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.
Kemudian, bersama Douwes Dekker (Dr. Danudirdja Setyabudhi) dan dr. Cipto Mangoenkoesoemo, ia mendirikan Indische Partij (partai politik pertama yang beraliran nasionalisme Indonesia) pada tanggal 25 Desember 1912 yang bertujuan mencapai Indonesia merdeka.
Mereka berusaha mendaftarkan organisasi ini untuk memperoleh status badan hukum pada pemerintah kolonial Belanda. Tetapi pemerintah kolonial Belanda melalui Gubernur Jendral Idenburg berusaha menghalangi kehadiran partai ini dengan menolak pendaftaran itu pada tanggal 11 Maret 1913.
Definisi :
Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain dalam satu buku
Informasi yang dapat diperoleh dari kegiatan membaca biografi :
         Riwayat hidup seseorang meliputi, tempat tanggal lahir, nama kecilnya, nama ayah dan ibu, prestasi, karier, akhir hayatnya
         Hal-hal yang dapat diteladani meliputi, perilaku, cara pandang kesetiaan yang dimiliki untuk negara 
Cara menentukan keistimewaan tokoh :
Mendata semua prestasi yang dimiliki tokoh.
Misalnya : -  aktif dalam organisasi sosial dan politik di organisasi Boedi Oetomo,
                  -  mendirikan Indische Partij

SOAL-SOAL
1.                  

2.                  


KEMAMPUAN YANG DIUJIKAN
4.    Menentukan sifat  tokoh dalam biografi untuk diteladani
MATERI ESENSIAL
Mendata sifat-sifat mulia tokoh dalam biografi yang patut diteladani disertai alasan yang jelas
SOAL-SOAL
1.       

2.                  


KEMAMPUAN YANG DIUJIKAN
5.    Menentukan tujuan penulisan artikel (latar belakang karya ilmiah)
MATERI ESENSIAL
Pengertian Karya Ilmiah
Karya ilmiah adalah  karya tulis dalam bidang tertentu yang bersifat ilmiah. Karya ilmiah ditulis berdasarkan  penelitian, pengamatan/observasi, atau mengacu pada pustaka (buku-buku).

 Sistematika karya ilmiah dibagi menjadi tiga bagian sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Perumusan Masalah
C.     Tujuan
BAB II ISI
       Pembahasan Masalah/Hasil Penelitian
BAB III PENUTUP
      A.   Simpulan
      B.   Saran
DAFTAR PUSTAKA
    (Sumber/referensi buku-buku yang digunakan)

Bab I tentang Pendahuluan, mengutarakan perumusan dan penjelasan masalah. Yang penting pada bagian ini yaitu latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan.
Latar belakang masalah merupakan uraian hal-hal yang menyebabkan perlunya dilakukan penelitian terhadap sesuatu masalah atau problematika yang muncul dapat ditulis dalam bentuk uraian paparan,atau poin-poinnya saja. Pada bagian ini dikemukakan :
·         Pentingnya masalah masalah yang akan dibahas.
·         Telaah pustaka yang telah ada tentang teknologi yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.  
·         Manfaat praktis hasil bahasan
·         Perumusan masalah pokok yang dibahas secara eksplisit. Biasakan perumusan masalah dalam bentuk    pertanyaan .
Dalam bagian latar belakang ini diharapkan penulis menuliskan sebab-sebab ia memilih judul atas permasalahan tersebut.Alasan-alasan yang dapat dikemukakan antara lain:
1.      Pentingnya masalah tersebut diteliti karena akan membantu pelaksanaan kerja yang lebih efektif misalnya,atau akan dicari pemecahannya karena berbahaya apabila tidak.Jadi pentingnya diadakan penelitian.
2.      Menarik minat peneliti karena dari pengalamannya peneliti mendapatkan gambaran bahwa hal itu sangat menarik.
3.      Sepanjang sepengetahuan peneliti belum ada orang yang meneliti masalah tersebut.
Latar belakang masalah menguraikan alasan-alasan mengapa masalah dan/atau pertanyaan penelitian serta tujuan penelitian menjadi fokus penelitian.
 Unsur yang diketengahkan dalam latar belakang masalah penelitian adalah sebagai berikut:
a.       penjelasan dan/atau alasan mengapa masalah dan/atau pertanyaan penelitian yang diteliti itu    penting dan menarik untuk diteliti.
b.      beberapa bukti bahwa masalah yang diajukan belum ada jawaban atau pemecahan yang memuaskan.
c.       Kedudukan masalah yang diteliti dalan konteks permasalahan yang lebih luas dengan memperhatikan perkembangan bidang yang dikaji.

Contoh Latar Belakang dalam Karya Ilmiah :
Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap bangsa atau negara selalu menyelenggarakan pendidikan demi cita-cita nasional bangsa yang bersangkutan. Melalui proses pendidikan, suatu bangsa berusaha untuk mencapai kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan, baik bidang ekonomi, sosial, politik, ilmu pengetahuan, teknologi, maupun bidangbidang kehidupan budaya yang lain.
Dalam proses pendidikan di SMP, keberhasilan siswa diukur dengan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar didasarkan pada hasil yang diperoleh dalam evaluasi belajar. Prestasi belajar memberikan informasi tentang materi pelajaran pada siswa. Motivasi belajar dianggap memiliki pengaruh penting dalam prestasi belajar siswa..


SOAL-SOAL
1.       
Tema: Daur ulang plastik kemasan

Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah...
  1. Siapa yang mendaur ulang plasitk kemasan?
  2. Kapan kita mendaur ulang plastik kemasan?
  3. Bagaimana mendaur ulang plastik kemasan?
  4. Apakah mendaur ulang plastik kemasan?


2.                  
Identifikasi masalah:
1.      Peran pemuda dalam sejarah
2.       Pemuda harapan bangsa
3.       Pemuda sokoguru perjuangan bangsa

Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah ...
A.   Sejak masa penjajahan hingga reformasi, pemuda menjadi pelaku sejarah. Seluruh komponen bangsa menaruh harapan besar pada para pemuda. Pemuda diharapkan sebagai sokoguru perjuangan bangsa Indonesia.
B.   Pada masa penjajahan Belanda hingga masa kemerdekaan, pemuda selalu berjuang. Perjuangannya tidak mengenal lelah. Pemuda menjadi panutan bangsa.
C.   Pada masa sekarang bahkan sejak dulu peran pemuda patut dicatat. Pemuda selalu berjuang membela kebenaran. Pemuda menjadi harapan.
D.   Pada masa dahulu dan sekarang peran pemuda sangat penting. Pemuda menjadi harapan bangsa. Pemuda menjadi cermin perjuangan bangsa.


3.                  



KEMAMPUAN YANG DIUJIKAN
6.    Menentukan persamaan ide dua artikel
MATERI ESENSIAL
Konsep
-          Artikel adalah sebuah karangan atau prosa yang dimuat dalam media massa yang membahas isu tertentu, persoalan atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas
-          Jenis-jenis artikel berdasarkan isinya
1.    Artikel kesehatan
2.    Artikel pendidikan
3.    Artikel politik dan hukum
4.    Artikel lingkungan hidup
5.    Artikel ekonomi dll

Prosedur/langkah-langkah
1.    Membaca kedua artikel dengan cermat
2.    Menentukan hal-hal penting dari kedua artikel
3.    Menentukan kesamaan isi kedua artikel

Contoh artikel
Teks 1
      Sebanyak 30 nelayan asal kabupaten Indramayu , Jawa Barat, dikabarkan hilang di perairan Laut Jawa. Mereka merupakan awak dua kapal penangkapan ikan Sarijadi I dan Sarijadi II, yang rusak dihempas ombak dan mengalami kebocoran di tengah lautan.
      Teks 2
Komandan Pangkalan Laut Tanjung Mas Semarang Kolonel (Laut) Jan Simamora. Selasa (2/1), mengatakan hingga pukul 20.30 korban tenggelamnya KM Senopati Nusantara yang belum ditemukan masih 416 orang.Korban selamat 200 orang dan yang meninggal 12 orang.

SOAL-SOAL
1.       
Cermati kutipan teks berita berikut!

Kutipan Teks Berita 1
Kutipan Teks Berita 2
Kemarahan rakyat bisa meledak seandainya hasil kerja Tim Pengawas Penanganan Lumpur Lapindo DPR direkomendasi. Rakyat mengharapkan DPR terus mendesak pemerintah agar melindungi serta memulihkan hak-hak korban dan ekosistem secara optimal. Selain itu, peta area terdampak pun harus selalu direvisi.
Masyarakat korban Lapindo membutuhkan tindakan nyata untuk mengatasi penderitaan mereka. Karena mereka kehilangan segalanya, hak hidup,  ketenangan, dan rutinitas kehidupan  jadi terkoyak. Perlu penanganan secara bersama baik pemerintah daerah maupun pusat dan elemen masyarakat demi kemanusian.

Kesamaan informasi  kedua teks tersebut adalah ….
A.  Perlindungan dan penanganan korban lumpur Lapindo.
B.  Jumlah korban luapan lumpur Lapindo Sidoarjo.
C.  Penanganan korban lumpur Lapindo dibahas DPR.
D.  Perlindungan yang serius terhadap korban Lapindo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar